Follow us:
Sabtu, 20 Juli 2024
Nagari Kapa Panen Raya Telur Ayam

Nagari Kapa, 20 Juni 2024, Panen Raya program ketahanan pangan berbasis peternakan ayam petelur yang telah dikelola sejak tahun 2023. Program ini merupakan hasil dari alokasi dana desa yang bertujuan untuk mengembangkan ketahanan pangan nagari dan mendukung intervensi stunting di wilayah Nagari Kapa.

Ketua Kelompok Tani Setia Karya, Bapak Kabul Budiono, menyampaikan rasa syukur atas berlangsungnya kegiatan ini. "Kami sangat bersyukur karena kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan produktivitas ayam petelur kami sangat memuaskan," ujar beliau.

Wali Nagari Kapa, Nofrizon Kapa turut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas keberhasilan Kelompok Tani Setia Karya. "Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kelompok Tani Setia Karya atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam menjalankan program ketahanan pangan ini. Keberhasilan ini tidak hanya mendukung ketahanan pangan nagari kita tetapi juga berperan penting dalam program intervensi stunting di Jorong Padang Laweh."

Acara panen raya ini dihadiri oleh Camat Luhak Nan Duo, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN), Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, tenaga ahli, serta elemen masyarakat nagari. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap inisiatif ini dan pentingnya kolaborasi berbagai pihak dalam mencapai keberhasilan program.

Selama empat bulan terakhir, kelompok ini berhasil meraup keuntungan bersih sebesar 5 juta rupiah per bulan. Keberhasilan ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok, tetapi juga mendukung ketahanan pangan di Nagari Kapa, khususnya di Jorong Padang Laweh. Hasil ternak ayam ini secara khusus ditujukan untuk mendukung program intervensi stunting di wilayah tersebut, dengan menyediakan sumber protein hewani yang penting bagi perkembangan anak-anak.

Selain itu, Kelompok Tani Setia Karya telah mengembangkan usahanya dengan menjalin kerjasama dengan investor. Hasilnya, kapasitas peternakan telah ditambah dengan 1.000 ekor ayam petelur lagi, yang diharapkan dapat meningkatkan produksi dan keuntungan di masa mendatang. Dengan peningkatan produksi ini, kelompok berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam upaya mengatasi stunting di Nagari Kapa.

Keberhasilan ini menunjukkan betapa pentingnya sinergi antara dana desa dan usaha lokal dalam meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi nagari lain dalam mengembangkan potensi lokal mereka dan berkontribusi pada upaya kesehatan masyarakat, terutama dalam intervensi stunting.

 

Nagari Kapa, melalui program ini, terus berkomitmen untuk mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inisiatif ketahanan pangan, pengembangan ekonomi lokal, dan upaya kesehatan masyarakat.

#NagariMajuMandiriReligius

#EraBaruNagariKapa

#KebersamaanKokoh

#MasyarakatReligiusNagariKapa

#NagariKapaMajuMandariReligius

#kapakreatif

#srigunting

  • Generic placeholder image
    Pembukaan Pelatihan Pondok Alquran di Masjid Raya Nagari Kapa

    Minggu, 23 Juni 2024

  • Generic placeholder image
    Nagari Kapa Panen Raya Telur Ayam

    Sabtu, 20 Juli 2024

  • Generic placeholder image
    Sekretaris Nagari Kapa menghadiri sosialisasi kegiatan "Jaga Nagari"

    Selasa, 11 Juni 2024

  • Generic placeholder image
    Wali Nagari Kapa Nofrizon Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Nagari di Axana Hotel

    Selasa, 21 Mei 2024

  • Generic placeholder image
    Penandatanganan berita acara hasil IDM Nagari Kapa Tahun 2024.

    Rabu, 29 Mei 2024

  • Generic placeholder image
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APBnag) untuk tahun 2023

    Senin, 03 Juni 2024